Ulasan Keunggulan Asus Sabertooth

Asus Sabertooth  990FX R2.0 - Semua penggila hardware pasti menginginkan komputernya memiliki performa terbaik. Demi memberikan performa terbaik bagi para pengguna prosesor besutan AMD, Asus pun coba membuat mainboard dengan standar militer.


Asus Sabertooth 990FX R2.0

Bahkan lebih jauh lagi, mainboard yang dibanderol Rp 2,1 juta tersebut juga telah mengimplementasikan teknologi pendingin berbahan keramik yang diklaim punya standar luar angkasa. Mengusung nama Sabertooth 990FX R2.0, mainboard bersoket AM3+ besutan Asus tersebut menjanjikan performa di atas rata-rata bagi para penggila hardware. Sebenarnya apa saja yang ada pada mainboard itu sampai-sampai Asus berani menyematkan nama Sabertooth?

Fitur Asus Sabertooth 990FX R2.0
1. Ditenagai Chipset 'Sangar'

Inilah bagian dari mainboard ini yang membuatnya dirasa layak mengusung nama Sabertooth. Yakni sebuah chipset yang masuk dalam kategori high-end. Dikatakan high-end karena chipset yang berseri 990FX ini mampu memberikan kinerja terbaik dikelasnya.

Selain itu, bagi pengguna yang ingin menjalankan konfigurasi crossfire ataupun SLI pada Sabertooth, chipset 990FX telah mampu menangani penggunaan hingga 4 buah kartu grafis yang bekerja secara bersamaan atau yang biasa diistilahkan quad crossfire ataupun quad SLI. Jadi, jangankan sekedar menjalankan konfigurasi crossfire atau SLI, konfigurasi quad-crossfire ataupun quad-SLI pun mampu ditelannya sekaligus.

2. Komponen Berstandar Militer

Untuk penggila hardware yang senang mengoprek komputernya dalam kondisi beragam, sepertinya mainboard ini akan mampu menjawab tantangan tersebut. Asus telah menyematkan komponen berstandar militer didalamnya agar handal saat dioperasikan di berbagai kondisi.

Mulai kapasitor, mosfet hingga alloy chokes yang ada pada Sabertooth dibekali dengan kualitas yang sudah standar militer. Dengan penggunaan komponen berstandar militer tersebut, Asus mengklaim komponen-komponen yang tersemat dalam mainboard tersebut mampu menangani hingga 40A arus yang melewatinya.

3. Pendingin Standar Luar Angkasa

Ternyata adalah sebuah komponen pendingin, yang oleh Asus dibuat menggunakan teknik pabrikasi ceramic-coating. Komponen pendingin yang dengan 'pede' dinamai CeraM!X oleh Asus tersebut memang memiliki material yang terlihat tidak biasa. Pasalnya Asus mendesainnya menggunakan bahan keramik menggantikan bahan campuran logam yang biasanya lebih umum digunakan.

Dengan adanya penggunaan teknologi CeraM!X tersebut, Asus memastikan efektifitas area pelepasan panas akan meningkat 50 persen lebih baik. Sehingga dengan sendirinya proses pelepasan panas akan menjadi lebih optimal.

4. Masuk BIOS Cukup Tekan Sekali

Pasti semua pengguna komputer mulai dari sekedar end-user hingga tech-freak pasti pernah menekan tombol delete berulang-ulang untuk masuk BIOS. Yang mengesalkan bila setelah ditekan berulang-ulang bukannya masuk kedalam menu BIOS malah tetap lanjut boot ke OS lantaran saat menekan waktunya tidak tepat.

Hal tersebut pasti bakalan bikin 'bete' sebagian pengguna. Untuk menghindari hal tersebut, Asus telah menyematkan sebuah tombol yang disebutnya Direct Key.

Direct key adalah tombol yang akan secara instan membawa penggunanya masuk kedalam menu BIOS tanpa perlu direpotkan dengan menekan tombol delete secara berulang-ulang. Menariknya, tombol Direct Key ternyata juga dapat berfungsi sebagai tombol on-off, sehingga akan lebih memudahkan terutama bagi pengguna yang memiliki hobi mengoprek komputer kesayangannya.

5. Solusi RAM yang Tidak Kompatibel

Meski saat ini telah jarang ditemui masalah inkompatibilitas terhadap penggunaan perangkat RAM pada sebuah mainboard, namun hal itu masih jadi momok yang menakutkan untuk sebagian pengguna komputer.

Pasti menyebalkan bila pengguna harus balik lagi ke toko tempatnya membeli kepingan RAM karena mengalami masalah kompatibilitas. Tidak ingin penggunanya mengalami hal tersebut, Asus menyematkan sebuah fitur yang disebutnya MemOK!. Fitur yang berbentuk sebuah tombol tersebut dapat menghilangkan kemungkinan terjadinya inkompatibilitas terhadap kepingan RAM yang digunakan.

Bila suatu ketika pengguna secara tidak sengaja menggunakan kepingan memory yang tidak kompatibel, maka secara otomatis lampu led yang berada dekat slot RAM pada Sabertooth akan berkedip dan pastinya komputer pun tidak akan mau booting.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna hanya perlu menekan tombol MemOK! Lalu menahannya hingga lampu led berkedip dengan cepat Setelah itu dengan sendirinya sistem akan men-tuning kepingan RAM yang tidak kompatibel tersebut melalui beberapa tes yang akan memakan waktu sekitar 30 detik saja.

Spesifikasi Asus Sabertooth 990FX R2.0
CPU
AMD FX™/Phenom™ II/Athlon™ II/Sempron™ 100 Series Processors
Supports AM3+ 32 nm CPU
Supports CPU up to 8 cores
Supports CPU up to 140 W
AMD Cool 'n' Quiet™ Technology

Chipset
AMD 990FX/SB950
Memory
4 x DIMM, Max. 32GB, DDR3 1866/1600/1333/1066 MHz ECC, Non-ECC, Un-buffered Memory
Dual Channel Memory Architecture

System Bus
Up to 5.2 GT/s HyperTransport™ 3.0
Multi-GPU Support
Supports NVIDIA® Quad-GPU SLI™ Technology
Supports AMD Quad-GPU CrossFireX™ Technology
Expansion Slots
3 x PCIe 2.0 x16 (dual x16 or x16/x8/x8) *1
1 x PCIe 2.0 x16 (x4 mode, black)
1 x PCIe 2.0 x1
1 x PCI

Storage
AMD SB950 controller :
6 x SATA 6Gb/s port(s), brown
Support Raid 0, 1, 5, 10
ASMedia® PCIe SATA controller :
2 x SATA 6Gb/s port(s), gray
2 x eSATA 6Gb/s port(s), red

LAN
Realtek® 8111F, 1 x Gigabit LAN Controller(s)

Audio
Realtek® ALC892 8-Channel High Definition Audio CODEC
- Supports : Jack-detection, Multi-streaming, Front Panel Jack-retasking
Audio Feature :
- Absolute Pitch 192kHz/ 24-bit True BD Lossless Sound
- Blu-ray audio layer Content Protection
- ASUS Noise Filter
- Optical S/PDIF out port(s) at back panel

USB Ports
ASMedia® USB 3.0 controller :
2 x USB 3.0/2.0 port(s) (2 at mid-board)
ASMedia® USB 3.0 controller :
4 x USB 3.0/2.0 port(s) (4 at back panel, blue)
AMD SB950 controller :
12 x USB 2.0/1.1 port(s) (8 at back panel, , 4 at mid-board)

Special Features
TUF ENGINE! Power Design :
- 8 +2 Digital Phase Power Design
- TUF Components (Alloy choke, Cap. & MOSFET; certified by military-standard)
- ASUS DIGI+ Power Control Utility
- E.S.P. : Efficient Switching Power Design
Ultimate COOL! Thermal Solution :
- TUF CeraM!X Heatsink Coating Tech.
- TUF Thermal Radar
ASUS Exclusive Features :
- Remote GO!
- USB BIOS Flashback
- MemOK!
- AI Suite II
- Ai Charger+
- Anti-Surge
- ESD Guards
- Front Panel USB 3.0 Support
- ASUS UEFI BIOS EZ Mode featuring friendly graphics user interface
- Network iControl
- USB 3.0 Boost
ASUS EZ DIY :
- DirectKey
- ASUS O.C. Profile
- ASUS EZ Flash 2
- ASUS MyLogo 2
- Multi-language BIOS
ASUS Q-Design :
- ASUS Q-Shield
- ASUS Q-LED (CPU, DRAM, VGA, Boot Device LED)
- ASUS Q-Slot
- ASUS Q-DIMM
- ASUS Q-Connector

BIOS
64 Mb Flash ROM, UEFI BIOS, PnP, SLP2.1, DMI2.0, WfM2.0, SM BIOS 2.7, ACPI 2.0a, Multi-language BIOS, ASUS EZ Flash 2, F12 PrintScreen, F3 Shortcut Function and ASUS DRAM SPD (Serial Presence Detect) memory information

Manageability
WfM 2.0, DMI 2.0, WOL by PME, WOR by PME, PXE

sumber: Menjajal Ketangguhan Si 'Macan' Asus Sabertooth

Demikianlah artikel tentang Ulasan Keunggulan Asus Sabertooth 990FX R2.0 semoga bermanfaat bagi anda para pembaca, terutama yang ingin membelinya sebagai pertimbangan.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mau tanya dong gan,,kalo mobo hanya nyala doang dan tidak tampil apa ya kendalanya,,soalnya ane baru pake model mobo yg seperti ini..thankz sblmnya

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Followers

Best Patner

Instagram

Site Info

W3 Directory - the World Wide Web Directory
cacinx-ams.blogspot.com Webutation

Copyright © 2013. Education Science Computer - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Cacinx ams